Tips Memilih Jaket untuk Mendaki Gunung

Beraktivitas di alam bebas dan terbuka adalah hal yang sangat menyenangkan. Karena saat kita melakukan traveling di alam kita dapat menikmati pemandangan alam yang sangat luar biasa indahnya yang tidak bisa kita lihat dalam aktivitas sehari-hari. Salah satu traveling di alam bebas adalah mendaki gunung.

Tips memilih jaket untuk mendaki gunung

Meskipun terlihat menyenangkan dan seru, akan tetapi saat melakukan pendakian ada beberapa hal yang wajib dipersiapkan, salah satunya yaitu jaket. Selain untuk menujang penampilan, jaket yang Anda gunakan berfungsi untuk melindungi dari udara dingin saat berada di gunung. Jaket yang digunakan pun tidak jaket sembarangan. Berikut adalah tips memilih jaket untuk mendaki gunung.

Tips memilih jaket untuk kegiatan outdoor

Perhatikan kenyamanan jaket

Saat menggunakan sesuatu faktor kenyamanan adalah salah satu faktor yang tidak dapat diabaikan. Kenyamanan merupakan hal utama yang harus Anda pertimbangkan dalam memilih jaket. Pilihlah jaket dengan ukuran yang sesuai dengan tubuh Anda. Hindari Anda memilih jaket yang terlalu ketat dan pastikan saat Anda mencobanya, jaket tersebut dapat memberikan kenyamanan dan ruang saat Anda bergerak.

Pilih jaket waterproof

Tips memilih jaket untuk mendaki gunung yang kedua adalah pilihlah jaket waterproof atau anti air. Jaket waterproof pastinya akan dilengkapi dengan inner yang berbahan polar. Sehingga jaket tersebut sangat ampuh untuk menahan tubuh Anda dari embun hingga hujan ringan yang biasanya terjadi di gunung. Saat memilih jaket waterproof, pastikan Anda memperhatikan jahitannya benar-benar rapat. Karena meskipun waterproof tetapi jahitannya renggang, ini pun dapat membuat air merembes melaui celah-celah jahitan tersebut. Jaket jenis ini juga sering dipilih sebagai tips memilih pakaian saat musim hujan.

Perhatikan detail jaket

Tips selanjutnya adalah memperhatikan detail jaket. Detail pada jaket yang biasa digunakan adalah kantong dan juga resleting. Terlalu banyak kantong yang ada pada jaket akan membuat jaket tersebut kurang efektif. Perhatikanlah detail jaket tersebut sesuai dengan fungsinya. Sebagai contoh yaitu kedua kantong yang ada di samping kanan dan kiri. Kedua kantong tersebut selain dapat berguna untuk menyimpan barang kecil, Anda juga dapat memanfaatkannya untuk menghangatkan kedua telapak tangan Anda. sedangkan untuk resleting, pastikan memiliki lapisan bagian depan. Hal ini bertujuan agar lapisan resleting tahan terhadap air.

Perhatikan merk jaket

Saat akan membeli jaket gunung pastikan Anda sudah memiliki referensi mengenai merek jaket tersebut. Ada beberapa merk luar negeri yang terkenal dan memiliki kualitas yang baik, seperti Heads, Timberland dan lainnya. Selain merek luar negeri, Anda juga dapat memilih beberapa merk lokal yaitu Consina, Rei, Eiger dan Avtech. Selain merk-merk tersebut ada juga merk yang tidak terkenal akan tetapi memiliki kualitas yang bagus.

Tinggalkan komentar